• Contact
  • +62821 4263 1553
  • spmbhaktisamudera@gmail.com
.: Sudah Terbukti ! Bekerja di Bidang Pelayaran dan Kepelabuhanan Mempercepat Perbaikan Ekonomi Keluarga :. | .: Ujian Negara Keahlian Pelaut dilakukan di Tempat Sendiri ( Kampus Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera ) :. | .: Berpengalaman Lebih Dari 50 Tahun dalam Mencetak Lulusan yang Kompeten dan Tersebar di Pelabuhan Indonesia dan Penjuru Dunia :.

BIDANG KEAHLIAN SEKOLAH PELAYARAN BHAKTI SAMUDERA

Bidang Keahlian 

Jurusan Teknika

Jurusan ini mencetak Taruna untuk menjadi Perwira/Pemimpin dibidang Mesin Kapal dengan tugas sebagai operator maintence/perbaikan dari permesinan bidang mesin kapal.Lulusan jurusan Teknika akan mendapat 2 Ijazah yakni Ijazah SMK Pelayaran dari Dinas Pendidikan dan Ijazah (ATT-IV) Ahli Teknika Tingkat IV yang dikeluarkan oleh Dirjend Perla dengan Standard Internasional.

Tanggung jawab seorang perwira ATT-IV diatas kapal adalah sebagai operator mesin, merawat / memelihara mesin dan administrasi terhadap mesin kapal secara efektif dan efisien.

Puncak Karir lulusan jurusan Teknika di kapal adalah Kepala Kamar Mesin (KKM) Pelayaran Samudra dengan ijazah ATT I (Ahli Teknika Tingkat I) dengan gelar M.Eng. (Master Enginering) setara S.2

VISI

Menjadikan lembaga diklat yang mampu menghasilkan pelaut yang profesional, beriman,dan berilmu.

MISI

  1. Melaksanakan program diklat sesuai ketentuan nasional maupun internasional
  2. Mengembangkan metode pendidikan dan pelatihan secara terencana dan       berkesinambungan
  3. Mencetak lulusan alumni sebagai tenaga pelaut yang mampu mengembangkan karir sesuai bidang keahlian baik didalam negeri maupun dunia internasional.

TUJUAN

Tujuan Umum :

  1. Mencetak lulusan yang unggul, kompetitif dalam bidang TEKNIKA serta mampu bekerja di bawah tekanan secara prefesional.
  2. Menghasilkan para ALUMNI yang berkualitas mampu mengoperasikan alat           navigasi dan siap kerja diatas kapal dalam maupun luar negri.
  3. Membangun hubungan dan kerjasama dengan berbagai perusahaan nasional    maupun internasional.

MATERI YANG AKAN DIAJARKAN

  1. Permesinan Bantu
  2. MPU (Mesin Penggerak Utama)
  3. Sistem Control
  4. Ketel Uap
  5. Turbin
  6. Kelistrikan
  7. Stabilitas
  8. Materi penunjang Teknika

 

SISTEM PENDIDIKAN

  1. 3 Tahun untuk mendapatkan ijazah SMK Pelayaran dengan akreditas “A”.
  2. 1 Tahun Praktek Layar (PRALA) dan UJIAN KEAHLIAN PELAUT

 

JENJANG KARIR SETELAH LULUS

Setelah lulus dari Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera para alumni bisa melanjutkan sekolahnya guna menaikkan posisi / jabatan diatas kapal. Yang meliputi ATT-III (Ahli Teknika Tingkat III), ATT-II (Ahli Teknika Tingkat II) dan ATT-I (Ahli Teknika Tingkat I)

Dan apabila lulusan dari Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera ingin melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri umum bisa menggunakan ijazah SMK Pelayaran dari Dinas Pendidikan dengan akreditas “A”.

 

Jurusan Nautika

Jurusan Nautika di Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya bertujuan membentuk Taruna untuk bekerja sebagai Perwira/Pemimpin kapal yang bertugas sebagai operator bidang nautika kapal (dek kapal). Lulusan jurusan nautika akan mendapat 2 Ijazah yakni Ijazah SMK Pelayaran dari Dinas Pendidikan dan Ijazah (ANT-IV) Ahli Nautika Tingkat IV yang dikeluarkan oleh Dirjend Perla dengan Standard Internasional.

Tanggung jawab seorang perwira ANT-IV diatas kapal adalah sebagai operator untuk mengoperasikan kapal (Deck) yaitu sebagai : Navigator Kapal, Merawat / memelihara, membantu melaksanakan proses bongkar muat di atas kapal dan administrasi pelabuhan dan instansi-instansi yang terkait lainnya secara efektif dan efisien.

Puncak karir lulusan Jurusan Nautika di kapal adalah Captain/Nakhoda pelayaran samudra dengan ijazah ANT I (Ahli Nautika Tingkat I) dengan gelar M.Mar (Master Maritim) setara S.2.

VISI

Menjadikan lembaga diklat yang mampu menghasilkan pelaut yang profesional, beriman,dan berilmu.

MISI

  1. Melaksanakan program diklat sesuai ketentuan nasional maupun internasional
  2. Mengembangkan metode pendidikan dan pelatihan secara terencana dan berkesinambungan
  3. Mencetak lulusan alumni sebagai tenaga pelaut yang mampu mengembangkan karir sesuai bidang keahlian baik didalam negeri maupun dunia internasional.

TUJUAN

Tujuan Umum :

  1. Mencetak lulusan yang unggul, kompetitif dalam bidang NAUTIKA serta mampu bekerja di bawah tekanan secara prefesional.
  2. Menghasilkan para ALUMNI yang berkualitas mampu mengoperasikan alat navigasi dan siap kerja diatas kapal didalam maupun luar negri.
  3. Membangun hubungan dan kerjasama dengan berbagai perusahaan nasional maupun internasional.

MATERI YANG AKAN DIAJARKAN

  1. Ilmu Pelayaran datar dan menjangka peta
  2. Pengaturan muatan dan stabilitas kapal
  3. Keselamatan dan alat navigasi kapal
  4. Dinas jaga diatas kapal
  5. MARPOL dan P2TL
  6. English Maritime
  7. Kecakapan Bahari
  8. Konstruksi kapal
  9. Meteorologi
  10. Materi penunjang Nautika

SISTEM PENDIDIKAN

  1. 3 Tahun untuk mendapatkan ijazah SMK Pelayaran dengan akreditas “A”.
  2. 1 Tahun Praktek Layar (PRALA) dan UJIAN KEAHLIAN PELAUT

JENJANG KARIR SETELAH LULUS

Setelah lulus dari Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera para alumni bisa melanjutkan sekolahnya guna menaikkan posisi / jabatan diatas kapal. Yang meliputi ANT-III (Ahli Nautika Tingkat III), ANT-II (Ahli Nautika Tingkat II) dan ANT-I (Ahli Nautika Tingkat I)

Dan apabila lulusan dari Sekolah Pelayaran Bhakti Samudera ingin melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negri umum bisa menggunakan ijasah SMK Pelayaran dari Dinas Pendidikan dengan akreditasi “A”.

 

Jurusan Teknik Logistik Kepelabuhanan

Sebagai Negara Maritim keberadaan Infrastruktur pelabuhan di Indonesia berperan sangat penting sebagai pintu keluar masuk orang maupun barang dan jasa Logistik. Pelabuhan juga memiliki peran yang penting untuk kegiatan transportasi, perdagangan maupun industry dari dalam dan luar negeri. Data dari KemenHub tahun 2020 di Indonesia ada 2.439 pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia, semua pelabuhan membutuhkan SDM yang berkompeten untuk memperlancar proses arus barang dan jasa di pelabuhan, mampu memaksimalkan & meningkatkan nilai-nilai ekosistem Logistik Pelayaran Nasional.

  1. Perusahaan Pelayaran ( Export, Import )
  2. Keagenan Kapal dan Muatan Pelayaran
  3. Bongkar Muat (Handling Container)
  4. Ekspedisi Muatan Kapal Laut ( EMKL )
  5. Badan Usaha Pelabuhan ( BUP )
  6. Pergudangan, dokumen Kapal dan Muatan
  7. Jasa Pengurusan Dokumen Muatan dan Kapal, Tallyman, Supervisi
  8. Dokumen Kapal ( Tempat perbaikan Kapal )
  9. Wirausaha

First choice maritime schools